Si Cantik Biduri Delima atau Garnet

By | March 12, 2018

Batu garnet adalah salah satu dari batu mulia yang paling cantik, bentuknya berupa bongkahan kristal dengan aneka warna. Para penggemar batuan mulia biasa menyebut si cantik ini Biduri Delima. Sebenarnya garnet bukanlah batu, melainkan kumpulan mineral yang melalui berbagai proses dan mengkristal.

Kecantikan garnet telah mempesona peradaban manusia sejak masa Sebelum Masehi, hal ini terbukti dengan penemuan garnet tertua yang pernah ditemukan di makam Mesir kuno yang kemungkinan berusia 3,800 SM. Para bangsawan dan ksatria pada masa lalu gemar memasang garnet pada senjata untuk memberi kepercayaan diri dan juga dipercaya membawa keberuntungan. Ada pula yang mencampur garnet dengan peluru yang konon akan memberikan rasa sakit yang luar biasa pada siapapun yang terkena.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Garnet

Sebagai batu mulia yang digunakan untuk perhiasan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi bagaiamana sebuah biduri delima ini dinilai dan dihargai. Antara lain warna, kejelasan, pemotongan dan kandungan karatnya.

Dari sisi warna, meski garnet bisa muncul dengan beragam warna, namun ada beberapa warna yang jarang ditemukan sehingga membuat nilainya sangat tinggi, antara lain merah gelap dan hijau tua.

Sementara itu untuk kejelasan, ditentukan oleh jenis garnet itu sendiri. Ada garnet yang memiliki inklusi dan ada pula yang tampak tidak mempunyai inklusi saat diperiksa dengan mata telanjang, misalnya yang terjadi pada garnet merah.

Bagaimana garnet dipotong dan dibentuk juga mempengaruhi nilainya. Tentunya semakin artistik potongan garnet, semakin tinggi harganya.

Sementara itu, ukuran garnet tentu juga mempengaruhi nilainya. Semakin besar, semakin mahal, meski garnet berukuran besar sangat jarang ditemukan.

Warna-warni Garnet

Beragam kandungan mineral yang membentuk struktur kristal garnet memberikan warna yang berbeda pada garnet. Bahkan ada pula jenis garnet yang memiliki kemampuan memberikan perubahan warna. Misalnya garnet yang ditemukan di Madagaskar, pada siang hari tampak abu-abu, namun ketika disorot dengan lampu LED warnanya berangsur-angsur akan berubah menjadi biru safir sempurna.

Sementara itu garnet dengan warna hijau mulai dari zaitun hingga zamrud disebut sebagai Demantoid. Sedangkan warna hijau cerah hingga hijau rumput dan kecoklatan disebut Gooseberry Garnet. Warna garnet oranye bening hingga oranye kecoklatan dinamakan Hessonite. Sedangkan warna merah muda transparan adalah jenis Imperial Garnet. Ada pula yang transparan tidak berwarna yaitu Leuco Garnet. Sedangkan warna merah oranye cantik adalah Malaya Garnet yang biasa ditambang di Tanzania dan Kenya. Warna merah gelap disebut Melanite, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *